Shortcut
  • Shortcut [CTRL + Y] digunakan untuk redo.
  • Shortcut [CTRL + Z] digunakan untuk undo.
  • Shortcut [CTRL + X] digunakan untuk cut.
  • Shortcut [CTRL + V] digunakan untuk paste.
  • Shortcut [CTRL + C] digunakan untuk copy.
  • Fungsi EVEN, salah satu fungsi MATH & TRIGONOMETRI yang digunakan untuk menghasilkan angka yang dibulatkan ke bilangan bulat genap di atasnya. Anda dapat menggunakan fungsi ini untuk memproses item yang disusun dua-dua. Misalnya, peti kemas dari kayu menampung satu atau dua baris item. Bila peti tersebut penuh, maka penampungan berikutnya akan dibulatkan ke kelipatan dua berikutnya, sesuai dengan kapasitas peti.

    Responsive image
    Fungsi ODD, salah satu fungsi MATH & TRIGONOMETRI yang digunakan untuk menghasilkan angka yang dibulatkan ke bilangan bulat ganjil di atasnya.

    Fungsi SEQUENCE, salah satu fungsi Math & Trigonometry yang digunakan untuk mendapatkan bilangan berurutan dalam rentang data yang diinginkan dengan nilai permulaan dan step data.

    Fungsi RANDARRAY, salah satu fungsi Math & Trigonometry yang digunakan untuk mendapatkan bilangan acak dari rentang data yang diinginkan dengan pilihan nilai minimun, maksimum dan bilangan bulat.


    Fungsi ARABIC, salah satu fungsi MATH & TRIGONOMETRI yang digunakan untuk mengkonversi angka Romawi ke angka Arab.

    Fungsi RANDBETWEEN. Salah satu fungsi MATH & TRIGONOMETRY yang digunakan untuk mendapatkan bilangan bulat acak dari nilai minimal dan maksimum yang ditentukan.

    Funsgi RAND, salah satu fungsi MATH & Trigonometry yang digunakan untuk menghasilkan bilangan acak dari 0 sampai 1.

    Penjelasan: Fungsi MODE, salah satu fungsi STATISTICAL yang digunakan untuk mendapatkan nilai sering muncul dari deretan data dalam rentang yang ditentukan.

    Penjelasan: Fungsi MEDIAN, salah satu fungsi STATISTICAL yang digunakan untuk mendapatkan nilai tengah dari deretan data dalam rentang yang ditentukan.

    Penjelasan: Fungsi AVERAGE, salah satu fungsi STATISTICAL yang digunakan untuk menghitung rata-rata bilangan dalam rentang yang ditentukan.


    Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Twitter Whatsapp Youtube

    Youtube
    TUJUAN TRAINING: Excel for Excellence Manager didesign untuk membekali para manager dengan teknikal skill Excel yang akan memudahkan para manager mengolah data menjadi informasi yang strategis secara tepat dan mudah serta mandiri.

    Follow Excel Mudah! Anda dapat bergabung dengan komunitas Excel Mudah di Group Whatsapp untuk bertanya dan mendapatkan dukungan atau berbagi tips, triks dan pengalaman. Twitter Whatsapp Youtube

    Kali ini kita belajar tutorial tentang cara mengaplikasikan beberapa fungsi Excel dalam untuk mebuat kode produk, dimana kode produk yang akan kita buat berdasarkan merek produk, category harga dan nomor urut.

    Dalam penulisan fungsi dalam rentang data biasanya dituliskan dengan format [sel-1]:[sel-n], dimana sel-1 adalah sel pertama dan sel-n adalah sel terakhir. Ini berlaku dalam satu sheet yang sama. Bagaimana dengan formula untuk menghitung data dalam rentang sheet yang berbeda.

    Fungsi IF, fungsi IFS dan fungsi SWITCH mempunyai kemiripan satu sama lain yang terkadang bisa salah dalam memilih formula karena kemiripan tersebut. Pada tulisan kita kali ini kita membahas perbedaan ketiga fungsi tersebut? Sebelumnya bisa dibaca terlebih dahulu tentang fungsi IF, fungsi IFS dan fungsi SWITCH.